Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Jumat, 18 November 2011

ADA CERITA DI PUTIHNYA ADA SUKA DUKA DI ABU ABUNYA

2:03 Yogyakarta,19/11/2011
Terik matahari memaksa merenggankan lubang pori poriku menguarkan keringat yang basahi tubuhku, tak terasa sudah hampir satu jam lebih kuberkeliling di bilangan pasar tradisional malioboro demi mengisi list barang belanjaan yang minta diconteng betul setiap kali telah menemukan barang yang dicari. Setelah semua kebutuhan terpenuhi seperti biasa kusandarkan tubuh ini sejenak beristarahat di angkringan semacam warung kecil yang dilengkapi dengan menu menu super murah didalamnya sambil menyulut batangan marlboro. Hilir mudik warga setempat yang sibuk dengan daganganya,tukang becak yang selalu memajang wajah ramah tamah tak luput dari pandanganku yang sedari tadi asik memainkan batangan marlboro dengan memutar mutarnya di sela sela jari,ada pesona tersendiri jika aku berada dalam situasi seperti ini,aku tersenyum tanpa arti yang tak dapat kumengerti. Pandanganku beralih ke siswa SMA yang baru saja pulang dari tugas mulia menuntut ilmu, dengan canda khas ABGnya,senyum polos dan tawa yang lepas,ada juga yang tampak badmood, sejenak ku termenung oleh situasi ini memaksa otakku menskip back memori yang sudah lama itu kembali ke ruang playlist untuk diputar kembali.

Cuti bersama lebaran tahun lalu membuatku tak bisa menolak gejolak keinginan pulang kampung, tak heran telah kusiapkan tiket jauh sebelum hari H agar tak kewalahan mencari tiket murah yang harganya membengkak drastis disaat hari mulai mendekati waktu libur mudik. Momen pulkam ini tak kusiasiakan dengan mengunjungi teman teman masa SMA dulu, seperti biasa reuny kecil-kecilan namun berdampak kebahagian yang besar dibuat demi memuaskan hasrat kerinduan yang lama terpendam. Disini kulihat jelas wajah wajah mereka yang tak kan pernah berubah sedikitpun dihatiku. Banyak yang berubah namun tak sedikit juga yang masih saja gila seperti dulu, perasaanku bercampur aduk namun tak bisa kupungkiri momen inilah yang selalu kunanti jika berada di tanah perantauan nan jauh disana, ingin rasanya kumemeluk kalian semua kawan. Malam harinya tanpa sepengetahuan seorang pun diam diam ku selalu pergi melihat sekolah tercinta itu. Gelap, hanya diterangi lampu seadanya namun membuatku semakin cinta dengan sekolah ini, menurutku ini adalah sebuah cerminan masa masa bahagia yang sudah begitu gelap karna walau bagaimanapun dengan cara apapun kita tak akan bisa kembali ke masa masa SMA yang sangat indah bagiku juga bagi kalian semua kawan. Masa SMA yang tak kan tergantikan apapun... Jadi biarkanlah semuanya gelap, yang penting kita pernah sama sama di gelap bahagia disana. Pernah sama sama bodoh,bahagia, coba coba, dengan electirc youth masing masing yang ajaib. Aku yakin kalian semua setuju dengan pendapat sederhana ini, apapun yang kita lakukan disekolah dulu kita tak pernah salah karna kita semua sedang belajar. Tentang apa saja dan siapa saja.

3 tahun yang lalu, SMA N 1 KEC.KUANTAN MUDIK KAB.KUANTAN SINGINGI RIAU, tempat dimana kutemukan sahabat,cinta,kesabaran,ketulusan & keihklasan, tempat dimana jika dijumlahkan atau dirumuskan tak dapat terkira hasil dari kenangan indah di dalamnya, tempat yang selalu mendapat posisi istimewa dihati kita semua. Jujur,sangat sulit bagiku menyelesaikan tulisan ini karna begitu banyaknya kenangan indah yang terselip diotakku. Semua telah menjadi bagian dihidupku tak kan pernah tergantikan. Pohon sawit depan Laboraturium yang menjadi tempat favorit tongkrongan kita, atau berteduh dirindangnya pohon disamping lapangan bola, atau perpustakaan yang menjadi saksi bisu cinta monyet kita juga tempat diskusi hangat terbaik sepanjang masa bersama bu LINDA yang cantik mempesona dengan senyum yang selalu terpajang indah di wajahnya,aku yakin semua setuju menjadikan beliau sebagi guru favorit sepanjang masa, guru tempat ku mengadu jika uang saku ku lesu. Ingin sekali kubertanya kepada PAPI (pak parto,penjaga sekolah) "apakah masih ada rokoknya ? minta dong ?"yang selalu dengan sabar PAPI menjawab "satu aja ya,jangan sampe ketahuan !!!" atau warung bang ASAD yang selalu menagih hutang hutang kita dihari senin, juga bu ELLY yang selalu menyuntikan ilmu seni dengan celotehan khas nya, ada juga bu NENI yang selalu ceria dengan ejekan ejekan mautnya, bu ROS yang mengajari kita bahwa LKS itu sangat berguna walau hanya dijadikan sebagai alas obat nyamuk semata dirumah (jangan coba coba ninggalin buku disekolah !!! ) . Merasakan kembali sejuknya jam 06.15 pagi dan bergegas menyelesaikan PR atau LKS, bercanda dibarisan apel pagi sekolah, mengeluh jika KEPSEK berpidato saat upacara bendera karna sangat lama, senam kesehatan jasmani yang dihiasi dengan goyang ajojing poco poco, tersipu malu jika ketahuan pacaran dibelakang sekolah sama temen temen (padahal ngarep minta diejek biar terkesan gaul di depan ceweknya !!!). Mandi bugil bersama #sensor selepas olahraga di danau belakang sekolah.Tentang semuanya yang jika laut menjadi tintanya tak kan ada habisnya cerita masa SMA untuk dituliskan. Mungkin aku sedikit berlebihan dengan ini, tapi ini fakta yang semua orang dapat memakluminya.

Putih abu abu memang warna yang sangat luar biasa, warna yang yang terdapat jutaan cerita didalamnya semakin kita keruk semakin bahagia dibuatnya. Putih abu abu bagai barang tambang yang paling mahal harganya sekalipun. Tak pelak musisi selevel koes plus bisa terinspirasi dibuatnya dengan mencetak hits kisah kasih disekolah yang disetiap penjuru indonesia menyanyikan tembang lawas fenomenal ini.

 Hingga akhirnya hari kelulusan tiba, alhamdulillah hampir 100% kami lulus, bersorak gembira,hari yang penuh coretan dan tanda tangan, namun dalam hatiku begitu lara. Aku harus siap melepaskan putih abu abuku, aku harus rela meninggalkan warna yang begitu kusayang, warna yang disuka setiap siswa SMA dulu hingga sekarang, warna yang tak kan terlupakan. Jujur dihari perpisahan tak dapat kubendung air mata ini, masih teringat jelas pelukan serta air mata tulus yang menghiasi wajah wajah anak muda kebanggan bangsa, air mata yang kuyakini lahir disetiap individu yang terpelajar, yang suatu hari nanti ku yakin dapat mengharumkan nama bangsa nan tengah kritis kini. Harum aroma masa SMA ini akan ku jaga selamanya. Banyak hal kecil yang membuat perubahan besar kutemukan disini. Kuresapi setiap sudut sudut gedung sekolah yang kubanggakan ini masuk kedalam tubuh mengalir didarahku menjadi motivasi tersendiri mendapat tempat istimewa dihati.


Lamunanku terbuyar oleh dering handphone yang berkumandang, sejenak kulihat nama sosok disebrang sana yang tengah menunggu telponnya di angkat , " BOS,  jerry, kok lama banget ngapain kamu disana ??!!! oh maaf pak ban motornya bocor bentar lagi juga sampe, bener ni jangan bohong ya,awas kalau bohong saya PECAT kamu !!!! " tut tut tut, telpon terputus.
"Wah bakal dimarahin ni sama bos, tapi gak apa..." setidaknya aku dapat kembali mengenang masa masa indah itu walau dalam kesibukan yang kini menjadi teman setia hari hariku, masa yang tak kan pernah bisa kulupakan sampai akhir waktu nanti, ya sampai akhir waktu nanti. 

NP:
  •  DIDEKASIKAN UNTUK SEMUA ALUMNI 07/08 KHUSUSNYA, DAN SEMUA WARGA SMA N 1KUANTAN MUDIK UMUMNYA 
  • UNTUK ANAK ANAK 3 IPS 1 KAPAN KITA NGUMPUL LAGI ??
  • UNTUK ANAK ANAK 3 IPA 1 SALUT BUAT KOMPAKNYA KELAS KALIAN ( iri hehehe)
  • UNTUK SEMUA 3 IPS & 3 IPA SALAM KOMPAK SELALU !!!

0 komentar:

Posting Komentar